Perdana, Pemkab Tapsel Raih Penghargaan Smart City dari Kominfo -->

Postingan Populer


Ucapan

Ucapan

Cari Blog Ini

Translate

RESOLUSITV

RESOLUSITV
AKURAT DAN TERPECAYA

ENTRI YANG DI UNGGULKAN

KPU Labuhanbatu di Nilai Gagal, GMNI Mendesak Untuk Seluruh Komisioner KPU Mundur

 Labuhan batu | Resolusitv.com Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kabupaten Labuhanbatu melakukan aksi ...

Perdana, Pemkab Tapsel Raih Penghargaan Smart City dari Kominfo

RESOLUSITV
Sabtu, Januari 07, 2023




Tapanuli Selatan | Resolusitv.com

Kementerian Kominfo Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada pemerintahan kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dalam kategori Penyelesaian dokumen penyusunan Master Plan kota cerdas (Smart City) dan hal ini merupakan penghargaan pertama Tapsel dari kementerian Kominfo RI untuk periode penyusunan dokumen tahun 2022.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Tapsel Dolly Pasaribu kepada wartawan melalui konferensi pers di perkantoran Pemkab Tapsel, Sipirok (05/01/2023).
“Penghargaan itu diterima Pj Sekretaris Daerah M Frananda, di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta,” ucap Dolly kepada para awak media.

Bupati menjelaskan bahwa dokumen dari Smart City menjadi perencanaan strategis untuk pembangunan Tapsel ke depan.
“Untuk mewujudkan Smart City, ada enam dimensi juga yang dapat dibangun bersama di seluruh Tapsel, tujuannya adalah meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal,Enam dimensi itu adalah smart government, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment,” jelas dolly.

Terpisah Kepala Dinas Kominfo Tapsel, Inganan Dalimunthe mengatakan penghargaan itu diraih atas dasar apresiasi Kementerian Kominfo RI kepada peserta Kota/Kabupaten se-Indonesia dalam menyelesaikan dokumen penyusunan master plan kota cerdas (Smart City) tahun 2022.

“Tahun 2021 ada 50 Kota/Kabupaten se-Indonesia berhasil lolos asesment untuk ikut dalam Gerakan Menuju Smart City dan menyusun master plan kota cerdas (Smart City),Tapsel memang baru kali ini mengikuti asesment master plan kota cerdas (Smart City) se-Indonesia itu, langsung dinyatakan lolos mengikuti tahap bimbingan teknis yang ditangani langsung para tenaga ahli dari Kementerian Kominfo RI selama 4 Bulan, 8 kali pertemuan di tahun 2022, pada masing-masing Kota/Kabupaten,” beber inganan.

Lebih lanjut Inganan menjelaskan selama proses bimbingan teknis, Tapsel sudah berhasil menyusun dokumen pelaksanaan teknis master plan kota cerdas (Smart City) nya, berkat kerjasama pemikiran dan ide-ide cerdas antar OPD.
“Atas dasar kesiapan kita menyelesaikan dokumen penyusunan master plan kota cerdas (Smart City) Tahun 2022 itu, diapresiasi Kementerian Kominfo RI dengan penghargaan,” tambah Inganan.

“Selain penghargaan, juga diperoleh buku master plan kota cerdas (Smart City) yakni, buku 1 tentang Analisis Strategi Smart City Daerah Kabupaten Tapsel, buku 2 tentang Masterplan Smart City Kabupaten Tapsel, Buku 3 tentang Executive Summary dan Buku 4 tentang Quickwin, yang nantinya merupakan acuan untuk membangun smart city di Kabupaten Tapsel,” tutup inganan. (Syahril Tanjung)