Bupati Tapanuli Selatan Berikan Bantuan Aneka Perlengkapan Pertanian dan Bibit Ikan Kepada 5 Poktan -->

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Translate

RESOLUSITV

RESOLUSITV
AKURAT DAN TERPECAYA

ENTRI YANG DI UNGGULKAN

PPWI dan Lapas Salemba Jakarta Sepakat Tingkatkan Jalinan Kerjasama

Jakarta – Resolusitv.com Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) dan Lemba Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Salemba, Jakarta Pusat, sepakat ...

Bupati Tapanuli Selatan Berikan Bantuan Aneka Perlengkapan Pertanian dan Bibit Ikan Kepada 5 Poktan

RESOLUSITV
Minggu, Januari 22, 2023




Tapanuli Selatan | Resolusitv.com

Aneka perlengkapan Pertanian dan bibit serta ikan air tawar diterima 5 (Lima) Kelompok Tani (PokTan) di 5 desa yang ada di Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, diantaranya 2 unit mesin semprot, 2 unit mesin gilingan cabai, 4 unit mesin babat, 10 ribu batang bibit cabai keriting, 1500 batang bibit kopi arabika dan robusta, serta 1500 ekor ikan nila nirwana.

Perlengkapan tersebut merupakan bantuan dari Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu yang diserahkan secara simbolis di Desa Paran Padang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan oleh Bupati Dolly Pasaribu bersama dengan tim Kementerian Pertanian Nasional Balai Riset Benih Padi Subang, Sekretaris Dinas Ketapang, Sekretaris Dinas Pertanian, Sekretaris Dinas Perikanan, Forkopimcam Sipirok, dan para Kepala Desa setempat, Kamis (19/01/2023).

Dolly Pasaribu menerangkan bahwa bantuan tersebut disalurkan untuk mendukung peningkatan hasil 5 kelompok tani (koptan) tersebut, adapun desa penerima bantuan yakni, Koptan Desa Paran Padang, Koptan Desa Paran Julu, Koptan Desa Sarogodung, Koptan Desa Simaninggir, dan Koptan Desa Padang Bujur.

“Terus terang saya katakan, bantuan ini merupakan kekompakan kita bersama, karena jauh sebelum saya menjabat sebagai Bupati, saya tahu semangat dan solidaritas kawan-kawan Koptan yang terjun ke masyarakat untuk meningkatkan hasil tani daerah, semangat dan komitmen itulah yang ingin saya dukung,” terang Dolly.

Untung Susanto perwakilan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia Balai Besar Riset Benih Padi Subang, yang ikut serta menyerahkan bantuan tersebut mengapresiasi program Bupati ini juga menambahkan serta  menjelaskan tentang pengembangan bibit padi khas Tapsel menjadi lebih efesien dari segi lama penanamannya.

“Kita melatih para kelompok tani untuk mengembangkan bibit padi varietas Siporang, dan Silatihan, agar empat bulan saja sudah bisa dipanen, dimana harapannya selain meningkatkan hasil tani, juga menjadikan bibit khas Tapsel menjadi bibit unggul yang diminati petani lain,” ujar Untung.

Sementara yang mewakili lima desa yakni Kepala Desa Paran Julu dan Kepala Desa Paran Padang sangat bersyukur dan berterimakasih atas atensi Bupati ini, juga menyampaikan ingin disediakan tempat penadah hasil pertanian mereka nantinya.

Bupati bersama tim melanjutkan acara untuk penanaman benih cabe di area lahan seluas 1 Hektar, penanaman Kopi Arabika dan Robusta di area lahan 1 Hektar, yang nantinya akan dikelola bersama oleh Ke 5 kelompok tani tersebut. (Syahril Tanjung)