Kasus Penghinaan dan Pencemaran Nama Baik Berakhir Damai di Polres Labuhanbatu -->

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Translate

RESOLUSITV

RESOLUSITV
AKURAT DAN TERPECAYA

ENTRI YANG DI UNGGULKAN

SOPIYAN SUBING : JIKA LANGKAH BUPATI TEPAT ASET LAMPUNG TIMUR EKS BPR TRIPANCA SETIADANA BISA KEMBALI

Resolusitv | Lampung Timur 27 Januari 2023 Koalisi masyarakat dan NGO Lampung Timur melakukan audiensi (26/01/23) dengan Pemerintah Daerah L...

Kasus Penghinaan dan Pencemaran Nama Baik Berakhir Damai di Polres Labuhanbatu

RESOLUSITV
Senin, Oktober 31, 2022





Labuhan batu | Resolusitv.com

Polres Labuhanbatu menggelar penyelesaian dua kasus tindak pidana melalui restorative justice, yakni kasus penghinaan dan pencemaran nama baik yang dilaporkan di Polres Labuhanbatu. Penyelesaian perkara tersebut digelar di Ruang Mediasi Satreskrim Polres Labuhanbatu, Senin (31/10/2022).

Kasus penghinaan tersebut dilakukan oleh seorang pria berinisial AB (38) warga Rantauprapat terhadap rekan sesama organisasi, TW (35) melalui grup whatsapp salah satu organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Labuhanbatu pada Sabtu (23/5/2022) 

Adapun kasus ini sebagai pembelajaran bersama, dan kedepan saya berharap semua pihak dapar bijak dalam bermedsos, ujar TW. 

Dalam hal ini, TW yang juga seorang pengacara di Kabupaten Labuhanbatu sangat mengapresiasi kebijakan daripada pihak Polres Labuhanbatu khususnya penyidik yang dapat memediasi hal ini, dan berharap kejadian yang sama tidak pernah terulang lagi. 

“Restorative justice ini dilakukan berdasarkan hasil kesepakatan perdamaian secara musyawarah antara korban dan pelakunya,” kata Penyidik IPDA Sarwedi Manurung  didampingi Bripda Satria Wira di Satreskrim Polres Labuhanbatu, saat menggelar penyelesaian kasus tersebut.

Menurutnya, perdamaian tersebut sesuai dengan peraturan Kepolisian Nomor 08 Tahun 2021 tentang penanganan tindak pidana berdasarkan keadilan restoratif.

Dijelaskannya, restorative justice menjadi program yang dicanangkan Kapolri Listyo Sigit. Penanganan kasus dengan restorative justice ini merupakan langkah untuk mengikuti dinamika perkembangan dunia hukum yang mulai bergeser dari positivisme ke progresif.

"Hal itu untuk memenuhi rasa keadilan masyarakat," ujar penyidik.

Penyelesaian kasus tersebut dihadiri oleh kedua belah pihak, baik korban maupun pelaku, serta disaksikan oleh beberapa anggota organisasi kemasyarakatan tersebut.

TAK