Vonis Bebas Kasus Dugaan Korupsi Bibit Karet, Kajari OKI Pasang Badan -->

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Translate

RESOLUSITV

RESOLUSITV
AKURAT DAN TERPECAYA

ENTRI YANG DI UNGGULKAN

SOPIYAN SUBING : JIKA LANGKAH BUPATI TEPAT ASET LAMPUNG TIMUR EKS BPR TRIPANCA SETIADANA BISA KEMBALI

Resolusitv | Lampung Timur 27 Januari 2023 Koalisi masyarakat dan NGO Lampung Timur melakukan audiensi (26/01/23) dengan Pemerintah Daerah L...

Vonis Bebas Kasus Dugaan Korupsi Bibit Karet, Kajari OKI Pasang Badan

RESOLUSITV
Jumat, September 30, 2022





OKI-Resolusitv.com

Kepala Kejaksaan Negeri Ogan Kpmering Ilir (OKI) Dicky Darmawan SH menyatakan siap pasang badan terkait dengan vonis bebas kasus dugaan korupsi Bibit Karet di Dinas Perkebunan Kabupaten OKI tahun 2019 oleh Pengadilan Tipikor Palembang, senin (12/9/2022).

Hal tersebut diungkapkan kajari disela kegiatan coffee morning antara jajaran Kejari OKI dengan insan pers yang bertugas di Kabupaten OKI, Kamis (29/9/2022).

Menurutnya, proses pembuktian perkara yang mereka lakukan dipengadilan adalah sebuah rangkaian proses hukum mulai dari penyelidikan, penyidikan, peritungan kerugian negara, penuntutan yang dilakukan secara baik sesuai dengan tugas dan kewenangan jaksa penuntut umum.

Namun untuk keputusan hukum adalah kewenangan dari majelis hakim sehingga untuk perkara pidana nomor 43/Pid.sus-TPK/PN Plg hakim berkeyakinan kedua terdakwa tidak bersalah.
Kami sangat menghormati putusan tsb.

“Vonis ini dijaman saya, saya siap bertanggungjawab, kalaupun nanti dieksimintasi terbukti ada kekeliruan dipihak saya, maka saya siap bertanggungjawab, bukan JPUnya, ini konsekwensi jabatan.”katanya.

“Mungkin ada yang berfikiran negatif, oh jangan-jangan pak JPUnya sengaja sehingga pembuktian itu diperlemah atau jangan-jangan majelis hakimnya berbuat sesuatu atau terintimidasi.
Hal hal itu tidak ada, Tegasnya.

Ditambahkan, Kejari OKI saat ini telah melakukan upaya hukum dengan menyatakan Kasasi dan mengajukan memori kasasi terhadap Vonis bebas oleh Majelis hakim PN Palembang kepada dua terdakwa yakni Tab dan RC.

Hal senada diungkapkan Kasi Intel sekaligus Humas Kejari OKI, Belmento SH mengungkapkan. Pihaknya tetap meyakini kedua terdakwa tersebut tetap bersalah sesuai dengan hasil pemeriksaan serta bukti-bukti yang ada. kalaupun hakim berpendapat berbeda itu adalah keputusan hakim.

“Silahkan tanyakan dengan hakim atas putusannya, yang pastu dengan kewenangan yang diberikan undang-undang kepada kami penyidik dan penuntut umum kami telah melakukan hal tersebut, upaya hukum sudah kami lakukan dan memori kasasi sudah disampaikan,” Katanya.

Diberitakan sebelumnya, Majelis PN Palembang vonis bebas dua orang terdakwa yakni RC sebagai pihak ketiga dan Tab sebagai PPK terhadap kegiatan Pengadaan Benih Siap Tanam pada Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten OKI Tahun 2019 sehingga menyebabkan kerugian negara sebesar Rp. 317 juta.

Kedua terdakwa dinyatakan tidak terbukti telah melakukan Persekongkolan terhadap kegiatan pengadaan Benih siap tanam kegiatan Peremajaan Tanaman Karet di Kabupaten OKI.

Uang titipan yang sebelumnya diserahkan oleh terdakwa RC kepada penyidik kejaksaan senilai Rp. 317 juta diserahkan kembali pada saksi RC.
(Tim)