Penuh Sukacita, Masyarakat India di Indonesia Peringati HUT Ke-76 Kemerdekaan India -->

Translate

RESOLUSITV

RESOLUSITV
AKURAT DAN TERPECAYA
RESOLUSITV

UNGKAP FAKTA

ENTRI YANG DI UNGGULKAN

Penambang Pasir Ilegal Di Marga Tiga Tidak Tersentuh Hukum

http://www.resolusitv.com www.resolusitv.com http://resolusitv.com Google.com Resolusitv.com, Maraknya penambangan pasir ilegal di Kecamatan...

Penuh Sukacita, Masyarakat India di Indonesia Peringati HUT Ke-76 Kemerdekaan India

RESOLUSITV
Selasa, Agustus 16, 2022



_Oleh: Salman Fariz_

Jakarta - Resolusitv.com

Kedutaan Besar India dan orang-orang India di Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan India ke-76 dengan sukacita, antusias dan semangat patriotik, pada hari Senin (15 Agustus 2022) di India House, Jakarta. Meskipun India meraih kemerdekaannya 75 tahun yang lalu, jika kita menghitung perayaan Hari Kemerdekaan pertama pada tahun 1947, ini adalah peringatan Hari Kemerdekaan yang ke-76 di tahun 2022.

Sejumlah besar orang India dan sahabat India menghadiri upacara yang penuh warna meskipun faktanya Senin adalah hari kerja. Perayaan serupa diselenggarakan oleh Konsulat India di Medan, Sumatera Utara dan Bali.

Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, Manoj Kumar Bharti, mengibarkan Bendera Nasional tiga warna India dan semuanya menyanyikan Lagu Kebangsaan India, Jana Gana Mana. Duta Besar Bharti membacakan kutipan pidato Hari Kemerdekaan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Menurut Bharti, India memutuskan untuk mengadakan acara-acara perayaan hari jadi India ke-75 dari bulan Maret 2022 hingga Agustus 2023. "Kami memperoleh kemerdekaan kami dari kolonial Inggris pada 15 Agustus 1947. Dan tahun ini kami sudah berusia 75 tahun," kata Bharti.

Dalam pidatonya di New Delhi, Modi berjanji untuk mengubah India menjadi negara maju dalam 25 tahun ke depan atau pada tahun 2047. “Dalam 'Amrit Kaal' [masa keemasan] ini kita harus bersatu dan bekerja menuju tujuan besar lain dari India yang maju," kata Modi.

Modi juga menyerukan seruan untuk merayakan pencapaian, perjalanan, ide dan semangat kemerdekaan ini sebagai Azadi Ka Amrit Mahotsav, yang berarti Festival Kemerdekaan Grand Elixir.

Para seniman dan mahasiswa India menampilkan kegiatan budaya yang luar biasa. “Upacara tersebut merupakan acara yang penuh energi dengan komunitas India dan teman-teman India yang sangat menikmati program budaya yang diselenggarakan oleh Pusat Kebudayaan Jawaharlal Nehru, Jakarta. Paduan suara siswa Gandhi Memorial Intercontinental School, Jakarta, dan Rama Global School, Purwakarta, juga menambah semangat patriotik,” ujar Kedutaan Besar India dalam Siaran Pers.

“Upacara Pengibaran Bendera memberikan kesempatan kepada orang-orang India yang bangga untuk berkumpul bersama dan berbagi kegembiraan mereka pada hari ini.”

Saat berbicara dengan wartawan, Bharti menjelaskan bahwa India memiliki salah satu demokrasi terbaik di dunia. "Demokrasi yang India peroleh pada 1947 sudah diperkuat dalam beberapa tahun terakhir. Dan India saat ini dikenal sebagai salah satu demokrasi terbaik di dunia," kata Bharti.

India adalah negara demokrasi terbesar di dunia. Tetapi Modi menggambarkan India sebagai ibu dari demokrasi. "India adalah ibu dari demokrasi. Negara ini telah membuktikan bahwa ia memiliki kemampuan yang berharga, dan menghadapi banyak tantangan selama perjalanan 75 tahunnya," kata Modi dalam pidatonya.

Indonesia juga merupakan negara demokrasi. Bharti berharap hubungan Indonesia-India sebagai dua negara demokrasi semakin erat di masa mendatang. "Ada begitu banyak pertanda baik bahwa hubungan bilateral India dan Indonesia akan semakin kuat dalam beberapa hari, pekan dan tahun mendatang," ujar Bharti.

Banyak orang di Indonesia tidak tahu bahwa India adalah tetangga maritim dan mitra strategis kita yang penting. Keseluruhan hubungan bilateral telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

India telah menjadi salah satu pasar terpenting bagi ekspor Indonesia. “Saat ini India telah menjadi pasar ekspor Indonesia terbesar keempat bagi Indonesia. Karena India adalah pembeli besar komoditas Indonesia seperti minyak sawit, batu bara, karet, kertas dan rempah-rempah,” kata Veeramalla Anjaiah, peneliti senior di Center for Southeast Asian Studies (CSEAS), kepada penulis.

Tiga pasar ekspor utama Indonesia adalah China, AS dan Jepang. Menurut Anjaiah, selama paruh pertama tahun 2022, ekspor Indonesia ke India meningkat lebih dari dua kali lipat mencapai AS$11,45 miliar, meningkat besar dari $5,56 miliar dari periode yang sama tahun lalu. Total perdagangan bilateral juga melonjak ke rekor tertinggi $16,56 miliar selama paruh pertama tahun 2022, meningkat 81,89 persen dari $9,5 miliar pada tahun 2021 selama periode yang sama.

Dengan pemerintahan stabil yang berpikiran reformasi, demokrasi yang kuat dan 1,41 miliar orang, India telah menjadi kesayangan baru dunia. India dapat dengan mudah melampaui China karena kumpulan besar tenaga kerjanya yang berbakat dan sangat terampil. India menghasilkan sejumlah besar dokter berbakat, spesialis teknologi informasi (IT), ilmuwan, profesor, ekonom, jurnalis, insinyur, manajer dan pekerja terampil setiap tahun.

India telah menjadi kekuatan super di bidang TI. India juga mendapatkan julukan “apotek dunia” karena dapat menghasilkan obat-obatan berkualitas tinggi dengan biaya terendah. Negara ini juga merupakan pemain terkemuka di sektor luar angkasa.

Selain itu, India terkenal dengan film Bollywood-nya dan yoga. India memiliki diaspora terbesar di dunia dengan 18 juta orang, yang bekerja di berbagai negara dan mengirimkan $100 miliar setiap tahun kembali ke India. 

Banyak orang India telah menjadi chief executive officer dari berbagai perusahaan terbesar di dunia. Saat ini, Google dipimpin oleh Sundar Pichai, Microsoft oleh Satya Nadella dan Twitter oleh Parag Agarwal. Ketiga top eksekutif ini adalah orang India.

Dengan produk domestik bruto sebesar $3,66 triliun dan cadangan devisa $572,97 miliar, India adalah ekonomi terbesar kelima di dunia. Negara ini mungkin akan menjadi ekonomi terbesar ketiga dalam waktu kurang dari 10 tahun.

Sebagai tanda yang jelas untuk mengakui India sebagai kekuatan global baru yang sedang naik daun, banyak pemimpin dunia memberikan selamat kepada India pada Hari Kemerdekaan-nya yang ke-76 ini.

Presiden Amerika Joe Biden menggambarkan India sebagai mitra yang "sangat diperlukan" oleh Amerika. “India dan Amerika Serikat adalah mitra yang sangat diperlukan, dan Kemitraan Strategis AS-India didasarkan pada komitmen bersama kita terhadap supremasi hukum dan promosi kebebasan serta martabat manusia […] Saya yakin bahwa di tahun-tahun mendatang kedua demokrasi kita akan terus berlanjut untuk berdiri bersama demi membela tatanan berbasis aturan; menumbuhkan perdamaian, kemakmuran dan keamanan yang lebih besar bagi rakyat kita; memajukan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka; dan bersama-sama mengatasi tantangan yang kita hadapi di seluruh dunia,” papar Biden dalam sebuah pernyataan.

AS memiliki 4 juta orang India-Amerika dan Wakil Presidennya saat ini Kamala Harris berasal dari India (turunan India).

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengucapkan selamat kepada India atas pencapaian tersebut. “Semua orang Australia memuji keberhasilan India dan banyak pencapaian yang mendefinisikan negara besar ini dan rakyatnya”, ungkap Albanese.

“Munculnya demokrasi terbesar di dunia dan pencapaian yang dibuat oleh India yang merdeka sangat luar biasa.”

Australia dan India adalah Mitra Strategis Komprehensif dan anggota Quad.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyampaikan harapan terbaik negaranya kepada India. “Kanada dan India memiliki hubungan yang kuat, bertahan lama dan bersemangat yang dibangun di atas nilai-nilai bersama seperti demokrasi, dan ikatan antar-warga yang mendalam, dengan lebih dari 1,4 juta orang keturunan India yang menjadikan Kanada sebagai rumahnya. Banyak kontribusi penting mereka telah membuat, dan terus menjadikan, negara kita lebih kuat, lebih beragam dan inklusif,” kata Trudeau dalam sebuah pernyataan.

“Hari ini, kedua negara kita bekerja sama secara erat dalam berbagai bidang prioritas, termasuk sains dan teknologi, keuangan dan pendidikan. Kami juga memiliki kepentingan yang sama dalam memajukan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, memerangi perubahan iklim dan memperkuat perdagangan global. Kami akan terus memperkuat kemitraan kami untuk kepentingan orang-orang di Kanada dan India.”

Ucapan selamat dari Singapura disampaikan oleh kedutaan besar negaranya di India. Melalui Twitter, utusan Singapura di India mengatakan, “Semoga India merayakan Hari Kemerdekaan ke-76 yang indah! Banyak pencapaian luar biasa dari teman-teman terkasih kita dari negara demokrasi terbesar di dunia yang bisa dibanggakan.”

Singapura, yang memiliki sejumlah besar etnis India serta pekerja migran India, adalah investor asing terbesar di India.

Rusia juga memuji India sebagai "mitra terpercaya" dalam pesan ucapan selamat untuk Hari Kemerdekaan ke-75. Duta Besar Rusia untuk India, Denis Alpov, menyampaikan "salam terhangat" kepada rakyat India.

“Rusia sebagai teman terpercaya menyampaikan harapan terbaik bagi India di jalur kemajuannya untuk kepentingan dan kemakmuran rakyat India. ‘Jai Hind! Jai Rus!’” kata Alpov.

Sementara itu, Komisaris Tinggi Inggris untuk India Alex Ellis mengucapkan selamat kepada India dalam sebuah pesan dalam bahasa Hindi yang mengatakan, "Selamat Hari Kemerdekaan ke-75 untuk India."

India, anggota G-20, sangat mendukung kepemimpinan Indonesia di G-20 dan akan mengambil alih kepemimpinan G-20 pada bulan November di Bali.

India adalah teman terpercaya Indonesia sejak lama. India telah membantu Indonesia bahkan sebelum merdeka dengan menyelenggarakan konferensi internasional. Angkatan pertama pilot Garuda Airline dilatih di India. Banyak orang Indonesia menerima beasiswa pemerintah India untuk belajar di India. Kedua negara bekerja sama untuk membentuk Gerakan Non-Blok (GNB).

Semoga hubungan strategis antara Indonesia dengan India akan mencapai ketinggian baru di masa depan.

_Penulis adalah seorang jurnalis lepas yang berbasis di Bekasi, Jawa Barat_