Wali Kota Irsan Efendi Nasution Resmi Membuka MTQ Ke – XX1 Tingkat Kota Padang Sidempuan -->

Translate

RESOLUSITV

RESOLUSITV
AKURAT DAN TERPECAYA
RESOLUSITV

UNGKAP FAKTA

ENTRI YANG DI UNGGULKAN

Tugu Santri Pancasila Diresmikan, DPP Pemuda Cinta Aceh Buka Suara

ACEH BARAT - Resolusitv.com Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI), melalui Prof. Yudian Wahyudi selaku Kepala BPIP...

Wali Kota Irsan Efendi Nasution Resmi Membuka MTQ Ke – XX1 Tingkat Kota Padang Sidempuan

RESOLUSITV
Jumat, Maret 11, 2022




Padang Sidempuan, Resolusitv.com

Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, SH resmi membuka Musabaqah Tiwatil Qur’an  ( MTQ ) Ke – XXI Tahun 2022 Tingkat Kota Padang Sidempuan tahun 2022 yang berlangsung di Desa Joring Natobang Kecamatan Padang Sidempuan Angkola Julu Kota Padang Sidempuan,  Sumatera Utara, Jum’at ( 04/03/2022). Yang ditandai pemukulan Bedug oleh Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, SH dengan tema “Al – Qur’an Menghidupkan Kehidupan ” 

Turut dihadiri, Wakil Wali Kota Ir.H.Arwin Siregar, Sekdakot Letnan Dalimunthe, Ketua DPRD Kota Padang Sidempuan Siwan Siswanto, SH yang diwakili Wakil ketua Erwin Nasution, Dandim 0212 / TS Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, S.IP diwakili Pasiter, Kapolres Padang Sidempuan AKBP Juliani Prihartini, S.IK.MH diwakili Wakapolres AKBP M.Syahril,  Kajari Padang Sidempuan, Ketua PN Padang Sidempuan, Kalapas Kls IIB Padang Sidempuan Kanwil Kemenkumham Sumut Indra Kesuma, A.Md.IP., SH., MH, Kakan Kemenag S. Siregar, Ketua MUI, Ketua IPHI,Para Asiten, Para Staf Ahli, Para Kepala OPD, Para Camat, Para Lurah dan Kepala desa, Ketua TP PKK, Wakil Ketua TP PKK dan Dharma Wanita Persatuan Kota Padang Sidempuan.

Selain itu pembukaan MTQ Ke – XXI ini juga dihadiri, Para dewan Hakim MTQ Ke – XXI tingkat Kota Padang Sidempuan,  Para Kafilah,  Tokoh agama, Tokoh masyarakat,  Alim Ulama, Cerdik Pandai dan Ormas dan OKP.

Selaku tuan rumah penyelenggaraan MTQ Ke  – XXI Tingkat Kota Padang Sidempuan dalam sambutannya mengatakan,  kami selaku tuan rumah MTQ Ke  – XXI tingkat Kota Padang Sidempuan mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya atas amanah dipilihnya Kecamatan Angkola Julu daerah yang dirahut Dalihan Natolu sebagai tuan rumah MTQ Ke  – XXI tahun 2022 tingkat Kota Padang Sidempuan, Tentu ini menjadi bahagian dari semangat masyarakat masyarakat Kecamatan Padang Sidempuan Angkola Julu dan menjadi bagian yang strategis dalam dinamika pembangunan di Kota Padang Sidempuan.

Selanjutnya,  MTQ Ke  – XXI tingkat Kota Padang Sidempuan tahun 2022 ini akan dilaksanakan dari tanggal  04 s/d 06 Maret 2022 yang diikuti sebanyak kurang lebih 245 Kafilah dari 6 Kecamatan Se – Kota Padang Sidempuan dari berbagai cabang yang dipertandingkan. 
Selaku tuan rumah kami meminta , Kepada para peserta MTQ Ke – XXI kami ucapkan “Selamat berlomba”, Tampilkan seluruh kemampuan yang kalian miliki (Fastabiqul khoirot ). Dan kepada para dewan juri kami ucapkan selamat melaksanakan tugas yang penuh berkah ini.
Selanjutnya laporan panitia MTQ Ke  – XXI tahun 2022 melaporkan jumlah yang di ikuti Qori – Qoriah sebanyak 229 orang dari 6 Kecamatan yang terdiri dari : Kecamatan Padang Sidempuan Utara 42 orang, Kecamatan Padang Sidempuan Selatan 32 orang, Kecamatan Padang Sidempuan Tenggara 34 orang, Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua 39 orang, Kecamatan Padang Sidempuan Hutaimbaru 46 orang, Kecamatan Padang Sidempuan Angkola Julu 36 orang.
Selanjutnya,  Jenis yang diperlombakan,  Cabang Tartil Qur’an,  Cabang Qiro’ah Qur’an,  Cabang Fahmil Qur’an,  Cabang Tahfiz Qur’an,  Cabang Syahril Qur’an   Cabang Mujawwad, Cabang Hadist Nabi, Cabang Tafsir Qur’an dan Cabang Khottil Qur’an.
Panitia juga memaparkan tujuan MTQ Ke  – XXI tahun 2022 ini untuk, Menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan kandungan Al – Qur’an sebagai sumber agama islam,  Menumbuh kembangkan gairah par generasi muda islam agar lebih meningkatkan upaya untuk menggali.
Mengembangkan serta Mencintai seni yang bernuansa islam, Sekaligus upaya – upaya untuk melestarikannya sebagai aset budaya bangsa, Sebagai wacana pemilihan peserta terbaik untuk menjadi wakil terbaik Kota Padang Sidempuan untuk mengikuti MTQ Ke – 38 tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun yang dimulai Tanggal 20 s/d 28 Maret tahun 2022 di Kota Medan.
Sementara Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, SH mengapresiasi tuan rumah begitu juga Panitia acara penyelenggara MTQ Ke  – XXI dan memberi semangat kepada para Qori dan Qoriah yang akan mengikuti MTQ Ke – XXI tingkat Kota Padang Sidempuan.
“Selaku Walikota Padang Sidempuan kita sangat mengapresiasi kinerja Kecamatan Angkola Julu selaku tuan rumah begitu juga dengan panitia yang telah bersusah payah mulai dari persiapan sampai penyelenggaraan MTQ Ke – XXI ini bisa sama – sama kita laksanakan pada malam yang berbahagia ini,”Ucap Walikota Irsan Efendi Nasution.
Selanjutnya Kita juga mengucapkan terimakasih kepada kepada para Forkopimda begitu juga Forkopimca, Para Kepala OPD, Tokoh agama, Tokoh masyarakat , Cerdik pandai dan segenap masyarakat Kecamatan Padang Sidempuan Angkola Julu yang turut membantu penyelenggaraan MTQ Ke  – XXI ini. Terlebih kepada Bapak Parluatan Siregar yang telah memberikan tempat untuk penyelenggaraan MTQ Ke – XXI tingkat Kota Padang Sidempuan tahun 2022 ini.
Selanjutnya,  Walikota Irsan Efendi Nasution, SH mengatakan, Tujuan MTQ ini tidak sebatas mendekatkan jiwa umat islam kepada kitab suci Al – Qur’an dengan hanya membacanya, Tetapi juga mengingatkan agar senantiasa berlomba- lomba meningkatkan semangat untuk memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari – hari sesuai dengan tema MTQ Ke  – XXI tingkat Kota Padang Sidempuan yakni ” Al – Qur’an Menghidupkan Kehidupan “, Papar Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution.
Masih dikatakan Irsan Efendi Nasution, Al – Qur’an  merupakan hidayah menuju jalan terbaik,  Yang paling adil dan benar.  Dengan ilmu  – ilmu yang tertuang dalam Al – Qur’an terciptalah generasi-generasi Rabbani  Nan Qur’Ani yang handal dan Berakhlakul Karimah, Cetus Wali Kota.
Walikota Irsan Efendi Nasution juga mengatakan,  Pada hakikinya kegiatan MTQ bertujuan untuk mensyiarkan agama islam dengan Al – Qur’an. (Syahril Tanjung)