Wakil Walikota Buka Musrenbang Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua -->

Translate

RESOLUSITV

RESOLUSITV
AKURAT DAN TERPECAYA
RESOLUSITV

UNGKAP FAKTA

ENTRI YANG DI UNGGULKAN

Polsek Parapat Evakuasi Mayat Wanita Berjaket Biru Dipinggiran Danau Toba

SIMALUNGUN - Resolusitv.com Kapolsek Parapat Resort Simalungun AKP Jonni Silalahi SH memimpikan melakukan olah TKP sekaligus evakuasi penemu...

Wakil Walikota Buka Musrenbang Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua

RESOLUSITV
Sabtu, Februari 19, 2022

 


 
Padang Sidempuan| Resolusitv.com


Wakil Walikota Padang Sidempuan Ir.H.Arwin Siregar,MM membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua Selasa (170/2/2022) di Aula Kantor Camat Padangsidimpuan Batunadua
Mengusung tema 'Perwujudan Kota Padang Sidempuan yang Sejahtera', Musrenbang yang dibuka serta ditutup Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir.H.Arwin Siregar,MM diwarnai tanggapan dari pihak legislatif dan dinas yang terkait.


"Kepala desa kini selaku leading sektor pembangunan," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padangsidimpuan H. Letnan Dalimunthe, saat berbicara di acara Musrenbang Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua. Gelontoran dana desa (DD) dari pemerintah pusat ke masing-masing desa di kabupaten/kota harus diakui telah memberikan dampak signifikan dalam hal pembangunan di daerah.


Sekda menekankan, dinas terkait atau perangkat daerah di Kota Padang Sidempuan harus membangun koordinasi sekaligus kolaborasi dengan para kepala desa (kades), kaitannya dengan perencanaan pembangunan daerah.
"Kawal dan bangun koordinasi dengan kades, sehingga sektor pembangunan di daerah bisa tuntas. Kalau hanya sekedar mengandalkan APBD kota kita di angka Rp.800 miliar, kemungkinan akan terjadi perlambatan," ucapnya.

Karenanya, menurut sekda, momentum adanya realisasi dana desa harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Karena itu, para pimpinan perangkat daerah, khususnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dituntut menyampaikan informasi, skala prioritasnya seperti apa.
"Artinya, butuh suatu komitmen, kolaborasi, koordinasi, dan komunikasi yang baik terkait dengan perencanaan untuk mendekatkan dan menuntaskan pembangunan di segala lini. Inilah yang menjadi harapan kita," ujarnya.


Dikesempatan itu, Letnan juga menyinggung tata kelola penggunaan dana desa. Meski secara eksplisit regulasi memberikan kewenangan kepada desa untuk mengatur rumah tangganya sendiri, bukan berarti bertentangan dengan program yang dicanangkan pemerintah daerah.

"Karena sesungguhnya, implementasi dari dana desa itu wajib terintegrasi dengan visi dan misi Pemerintah Kota Padang Sidempuan. Yakni, berkarakter, bersih, aman, dan sejahtera atau Bersinar," pesan sekda mengingatkan.
Sebelumnya, Camat Padang Sidempuan Batunadua Robiul Awal Harahap menyampaikan, ada sebanyak 153 item yang pihaknya usulkan dalam Musrenbang ini. Dari akumulasi dua kelurahan dan 13 desa di kecamatan itu. (Syahril Tanjung)