Bersama Dinas TPH Wali Kota Padang Sidempuan Panen Bawang Merah Di Desa Aek Najaji -->

Translate

RESOLUSITV

RESOLUSITV
AKURAT DAN TERPECAYA
RESOLUSITV

UNGKAP FAKTA

ENTRI YANG DI UNGGULKAN

Penambang Pasir Ilegal Di Marga Tiga Tidak Tersentuh Hukum

http://www.resolusitv.com www.resolusitv.com http://resolusitv.com Google.com Resolusitv.com, Maraknya penambangan pasir ilegal di Kecamatan...

Bersama Dinas TPH Wali Kota Padang Sidempuan Panen Bawang Merah Di Desa Aek Najaji

RESOLUSITV
Sabtu, Februari 12, 2022





Padang sidempuan, Resolusitv.com


Pemerintah Kota (Pemko) Padang Sidempuan bersama Dinas TPH (tanaman pangan holtikultura) Provinsi Sumatera Utara melaksanakan penangkaran bibit bawang merah di desa Aek Najaji Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua.
Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution,SH, Kepala Dinas Pertanian Ir.Parimpunan Siregar, Camat Padang Sidempuan Batunadua melakukan panen perdana penangkaran bibit bawang merah, Kamis (10/02/2022) di Desa Aek Najaji.

 Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua Kota Padang Sidempuan kegiatan panen perdana ini menandakan pemerintah Kota Padang Sidempuan terus mendorong potensi petani bawang merah, kepada para petani untuk dikembangkan. Penangkaran benih milik kelompok tani (Koptan) Suka Maju varietas bima brebes ini memiliki luas lahan 500 meter dan produksi sebanyak 900 kg
Untuk diketahui selain ada 2 koptan penangkar benih bawang merah di Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua juga terdapat 2 koptan penangkar bawang merah di Kecamatan Padang Sidempuan Angkola Julu.


Penangkaran benih bawang merah yang sudah diproduksi di Kota Padang Sidempuan akan menciptakan benih yang adaptasi tinggi terhadap kondisi lingkungan di Kota Padang Sidempuan (adaptable).
Oleh karena itu Wali Kota Padang Sidimpuan Irsan Efendi Nasution berharap “pengembangan bawang merah dapat menjadi cikal bakal budidaya yang kedepannya akan mampu membantu peningkatan perekonomian masyarakat Kota Padang Sidempuan”.


“Dengan hasil yang memuaskan seperti ini, saya yakin Padang Sidempuan akan mampu menuju swasembada bibit bawang merah kemudian dari sisi ekonomi tentu budidaya bawang merah ini akan meningkatkan nilai tambah pendapatan, karena bawang merah ini sudah bisa panen di umur 65 hari dengan produksi yang cukup tinggi dan juga benih yang adaptable” jelas Wali Kota Padang Sidempuan
Pada kesempatan itu Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Effendi Nasution,SH juga kembali “meminta kepada para penyuluh untuk tetap semangat menjadi garda terdepan memberikan penyuluh kepada para petani dan kelompok tani”. 


Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kota Padang Sidempuan Ir. Parhimpunan Siregar lebih lanjut menjelaskan benih bawang merah yang di tangkarkan di Kota Padang Sidimpuan 
Jelasnya lagi dengan pengelolahan pasca panen yang baik dan benar akan memiliki ketahanan terhadap cekaman biotik (hama penyakit tanaman iklim) sehingga tingkat keberhasilan dalam budidaya bawang merah lebih tinggi dan baik. Hal ini disebabkan benih yang di pakai sudah memiliki adaptasi lingkungan sebelumnya.
Kepada para petani bawang merah, jangan ragu untuk membeli hasil bibit yang ditangkarkan oleh petani penangkar bawang merah yang sudah ada. Karena sebelumnya, sudah ada hasil benih bawang merah yang ditangkarkan oleh petani penangkar lain di Kota Padang Sidempuan di jual di berbagai daerah di tabagsel. (Syahril Tanjung)