Pisah Sambut Kapolres Lahat Digelar Dengan Tradisi Pedang Pora -->

Translate

RESOLUSITV

RESOLUSITV
AKURAT DAN TERPECAYA
RESOLUSITV

UNGKAP FAKTA

ENTRI YANG DI UNGGULKAN

Polsek Parapat Evakuasi Mayat Wanita Berjaket Biru Dipinggiran Danau Toba

SIMALUNGUN - Resolusitv.com Kapolsek Parapat Resort Simalungun AKP Jonni Silalahi SH memimpikan melakukan olah TKP sekaligus evakuasi penemu...

Pisah Sambut Kapolres Lahat Digelar Dengan Tradisi Pedang Pora

RESOLUSITV
Senin, Januari 10, 2022




Lahat .Resolusitv.com 

 Pada hari Senen tanggal 10 Januari 2022, pukul 10.00 wib, Waka polres lahat Kompo Feby Febriyana SIk yang di dampingi PJU, dan Para perwira Polres Lahat,  menyambut kehadiran Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto SIK, yang di dampingi istri dengan tradisi Pedang Pora. Penyambutan Kapolres  dilakukan mulai dari gerbang pintu masuk Mapolres hingga ke lobi Polres Lahat.

Dalam penyambutan itu, dua orang anak berseragam polisi mengalungkan bunga sebagai tanda penghormatan dan selamat datang di polres lahat kepada AKBP Eko Sumaryanto, S.I.K.


“Tradisi pedang pora dilakukan sebagai ucapan selamat datang untuk Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto, S.I.K,” beserta ibu ny. Endang Sumaryanto 

Pada acara itu, Wakapolres Lahat Kompol Feby Febriyana, S.I.K menyambut dan memandu prosesi pedang pora, kemudian sejumlah perwira polisi Polres Lahat membentuk barisan saling berhadapan di pintu masuk mapolres sambil menghunus pedang.

Kapolres beserta istri kemudian berjalan perlahan, melewati barisan perwira Satu persatu pedang diangkat ke atas dengan disilangkan membentuk gerbang. Dengan diiringi oleh AKBP Achmad Gusti Hartono, S.I.K dan Ny. Irene Gusti Hartono.

Dengan demikian tongkat komando Kapolres Lahat berpindah dari AKBP Achmad Gusti Hartono, S.I.K kepada pejabat baru AKBP Eko Sumaryanto,S.I.K. yang sebelumnya menjabat Kapolres Musi Rawas Utara, Polda Sumatera Selatan.

Sedangkan AKBP Achmad Gusti Hartono, S.I.K  melalui kasubsi penmas humas polres lahat  Aiptu Lispono SH mengatakan resmi alih tugas menempati jabatan baru sebagai Kapolres Musi Rawas.

Setelah tradisi pedang pora selesai, dilakukan acara di lanjutkan dengan laporan kesatuan dari kapolres lama kepada kapolres baru di ruangan rudal Mapolres Lahat. Laporan kesatuan disampaikan untuk memberikan gambaran situasi Kamtibmas polres lahat.

Selesai acara laporan kesatuan di lanjutkan dengan pelepasan AKBP Achmad Gusti Hartono SIK dan nyonya Irine Gusti Hartono ke tempat tugas yang baru dengan tradisi pedang pora, dan selanjutnya berpamitan dan bersalaman yang di antar oleh seluruh anggota polres lahat dengan berjajar di sepajang depan Mako polres lahat.

"Untuk selanjutnya serangkaian  acara kenal pamit  di pendopoan bupati lahat yang akan di hadiri seluruh Forkopinda kab .lahat, seluruh PJU polres lahat, perwira dan tamu undangan lainya.

Tradisi dalam kenal pamit dan pengantar tugas di Forkopinda bermaksud perkenalan Kapolres yg baru, kemudian melepaskan Kapolres lahat yg lama dengan seluruh Forkopinda kab lahat.(putra)