Serikat Tani Indonesia Bagikan 9000 Batang Bibit Kayu Sengon -->

Translate

RESOLUSITV

RESOLUSITV
AKURAT DAN TERPECAYA
RESOLUSITV

UNGKAP FAKTA

ENTRI YANG DI UNGGULKAN

Tugu Santri Pancasila Diresmikan, DPP Pemuda Cinta Aceh Buka Suara

ACEH BARAT - Resolusitv.com Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI), melalui Prof. Yudian Wahyudi selaku Kepala BPIP...

Serikat Tani Indonesia Bagikan 9000 Batang Bibit Kayu Sengon

RESOLUSITV
Sabtu, Desember 25, 2021



Lampung Timur | Resolusitv.com

Dalam rangka upaya melakukan konservasi Alam Organisasi Kemasyarakatan SERTANI membagikan bibit pohon kayu jenis sengon di Kabupaten Lampung Timur sebanyak 9.000 batang yang ditanam di beberapa kecamatan yang tersebar di wilayah kabupaten Lampung Timur, Sabtu (25/12/21).



Serikat Tani Indonesia bekerjasama dengan Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Way Seputih dan Way Sekampung (BPDASHL WSS)Lampung Selatan yang tentunya hal ini merupakan salah satu program lembaga yang mempunyai harapan ke depan bisa berdampak baik bagi konservasi alam dengan berupaya melakukan Rehabilitasi Alam/ Tanah, Air, serta Udara.


Jenis Bibit Sengon Putih (Pareserianthes Falcataria) yang berjumlah 9.000 Batang yang siap di salurkan di beberapa Lokasi di Lampung Timur antara lain Kecamatan Jabung, Sekampung, Mataram Baru, Sukadana, Raman Utara.


Program tersebut bertujuan Antara lain Dapat Melakukan Penghijauan di Berbagai Tempat serta Penanaman bibit produktif yang mempunyai output untuk memenuhi fungsi ekologi dan fungsi ekonomi dari tanaman

Selain hal yang sudah di program kan fungsi bibit Pohon-pohon di bantu dan yang ditanam akan mengatasi polusi udara yang banyak dihasilkan kendaraan yang berada di jalan raya, dan memberikan suplai oksigen bagi manusia.


Manfaat penghijauan yang pertama adalah untuk mencegah erosi tanah,manfaat penghijauan yang kedua yaitu membuat kualitas udara menjadi lebih baik.pohon-pohon yang di tanam memainkan peran penting dalam memurnikan udara.


Banyak aktivitas manusia yang menghasilkan karbondioksida, salah satu contohnya adalah aktivitas manusia seperti kebutuhan suatu konstruksi yang berbahan baku dari kayu juga telah menyebabkan dan mempengaruhi  berkurangnya jumlah pohon dan hutan. 


Ketidakseimbangan ini telah menyebabkan banyak polusi udara yang berdampak pada kelangsungan hidup makhluk hidup terutama manusia. Selain emisi karbon dioksida dan rumah kaca, aktivitas manusia akan kebutuhan yang berbahan baku seperti konstruksi dan hasil gas dari kendaraan yang tak layak jalan akan menciptakan partikel debu di udara yang mempengaruhi kualitas udara.

Manfaat penghijauan ketiga yaitu melindungi daerah aliran sungai (DAS) tentunya hal ini berguna untuk memperbaiki kualitas air. Manusia dan hewan sangat bergantung pada air bersih untuk bertahan hidup. Itulah mengapa penting untuk melindungi daerah aliran sungai (DAS)


Dan masih banyak lagi manfaat yg lainnya seperti menjaga kelestarian satwa, pengontrol iklim, menjaga terjadinya banjir(Penyerapan air), mendapatkan pupuk Alami/kompos ungkap ketua SERTANI yang juga salah satu anggota DPRD Lampung Timur dari fraksi Nasdem yang selama ini tetap konsisten berjuang terhadap kondisi lingkungan dan pertanian organik.(Tim)