PPWI Siap Salurkan Bantuan Sosial dari Yayasan Sarupa Bandung -->

Translate

RESOLUSITV

RESOLUSITV
AKURAT DAN TERPECAYA
RESOLUSITV

UNGKAP FAKTA

ENTRI YANG DI UNGGULKAN

Tugu Santri Pancasila Diresmikan, DPP Pemuda Cinta Aceh Buka Suara

ACEH BARAT - Resolusitv.com Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI), melalui Prof. Yudian Wahyudi selaku Kepala BPIP...

PPWI Siap Salurkan Bantuan Sosial dari Yayasan Sarupa Bandung

RESOLUSITV
Kamis, Desember 23, 2021



Jakarta – Resolusitv.com


Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) siap untuk membantu menyalurkan bantuan sosial dari Pengurus Yayasan Sarupa yang berpusat di Bandung, Jawa Barat. Kesiapan PPWI itu disampaikan Ketua Umum organisasi wartawan masyarakat ini, Wilson Lalengke, seusai mengadakan pertemuan dengan Pengurus Yayasan Sarupa, H. Yayan Sofyan dan H. Nana Supriatna, Rabu, 22 Desember 2021. Turut hadir dalam pertemuan itu anggota PPWI Cimahi, Tedy Yana Setiawan.


“PPWI senantiasa siap untuk bekerjasama melakukan kerja-kerja sosial dengan semua pihak, dan sejalan dengan itu kita menyambut gembira keinginan dari Pengurus Yayasan Sarupa, Pak Haji Yayan Sofyan dan Pak Haji Nana Supriatna, untuk bermitra dengan PPWI mendistribusikan bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan,” ungkap alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2021 itu kepada redaksi media ini, Rabu (22-12-2021).


Sementara itu, Ketua Yayasan Sarupa, Haji Yayan Sofyan, mengatakan bahwa pihaknya selama ini secara rutin memberikan bantuan sosial berupa paket sembako kepada masyarakat. “Terutama selama masa pandemi Covid-19, kita secara rutin setiap bulan berbagi bantuan sembako kepada warga masyarakat yang terdampak. Dalam masa-masa sulit seperti sekarang ini, berbagi kepada sesama yang membutuhkan sangat diperlukan dan seyogyanya dilakukan oleh siapa saja yang berpunya kepada mereka yang butuh tanpa melihat latar belakang suku, agama, dan lain-lain,” ujar Haji Yayan, demikian pengusaha muda itu akrab disapa.


Ditanya tentang kapan mulainya aktivitas bakti sosial membagi sembako tersebut, kedua pihak sepakat menjawab singkat ‘sesegera mungkin’. Lalengke kemudian mengungkapkan bahwa PPWI siap kapan saja untuk memulai kegiatan sosial tersebut. Juga, lokasi pembagian sembako dapat menyasar masyarakat di daerah mana saja yang membutuhkan bantuan di seluruh Indonesia. Sebagaimana diketahui bahwa anggota PPWI telah ada di hampir semua wilayah dan pelosok tanah air, bahkan memiliki perwakilan di belasan negara di luar negeri.


Kepada Pengurus Yayasan Sarupa, Wilson Lalengke menjelaskan bahwa selama ini para pengurus PPWI di daerah-daerah sudah melakukan kegiatan bakti sosial walaupun skala jumlah bantuan yang masih terbatas. “Selama ini, PPWI di beberapa daerah juga sudah melakukan kegiatan sosial, seperti program Jumat Berkah oleh DPC PPWI Lebak, Banten; Baksos oleh DPC PPWI Magetan, Jawa Timur; dan PPWI Peduli oleh kawan-kawan DPC PPWI Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Para pengurus itu bermitra dengan berbagai elemen masyarakat dan kalangan swasta serta instansi pemerintah yang peduli dengan kesulitan warga,” jelasnya kepada Haji Yayan dan Haji Nana dalam pertemuan bertempat di sebuah café di Mall Slipi Jaya, Jakarta Barat, tadi sore.


Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan itu, dibahas juga beberapa program yang akan dijalankan pada tahun 2022 mendatang, antara lain implementasi Program Sejuta Media Online, pelatihan jurnalisme warga bagi penerima sembako, dan pengembangan jurnalistik berbasis aplikasi jurnalisme warga. “Selain itu, kita juga membicarakan terkait kemungkinan pengembangan bisnis pertanian dan peternakan bagi warga pewarta maupun masyarakat umum di wilayah-wilayah yang memungkinkan,” tambah tokoh pers nasional yang memprediksi bahwa dalam 5-10 tahun mendatang profesi wartawan akan hilang sama sekali, digantikan oleh warga masyarakat sebagai pewarta warga. (APL/Red)