SMA negeri 3 lahat diduga Pungli Dana PIP -->

Translate

RESOLUSITV

RESOLUSITV
AKURAT DAN TERPECAYA
RESOLUSITV

UNGKAP FAKTA

ENTRI YANG DI UNGGULKAN

Polsek Parapat Evakuasi Mayat Wanita Berjaket Biru Dipinggiran Danau Toba

SIMALUNGUN - Resolusitv.com Kapolsek Parapat Resort Simalungun AKP Jonni Silalahi SH memimpikan melakukan olah TKP sekaligus evakuasi penemu...

SMA negeri 3 lahat diduga Pungli Dana PIP

RESOLUSITV
Rabu, November 17, 2021




Resolusitv.com Lahat


Untuk yang kesekian kali nya ada sekolah yang memungut iuran komite kepada siswa penerima PIP. “Ini justru lebih aneh, disisi lain pemerintah pusat membantu biaya sekolah warga yang kurang mampu, tapi pihak sekolah membebankan iuran komite.naeperti yang terjadi di SMA Negeri 3 Lahat. 


Berawal beberapa Siswa -i yang menerima Dana PIP pada hari jumat (12)11-2021) sekira pukul 08.30 Wib satu persatu di minta  menghadap ke ruang guru (Winda +Ratih) bagian penyetoran Uang Komite saat siswa berada di ruang tersebut dijelaskan bahwa mereka menerima uang  bantuan PIP program Kemendinas RI. sebesar rp 1 juta rupiah. 



Dikatakan Siswa (Ar) salah satu penerima dana PIP Kepada media ini uang bantuan PIP yang ada tidak langsung diserahkan terlebih dahulu Siswa harus melunasi membayar uang Komite apabila tidak dibayar maka siswa tidak diberikan nomor peserta untuk mengikuti ujian sekolah. 


Senada disampaikan Siswa lain nya (Ad, Ca, As) uang bantuan PIP dipotong untuk pelunasan Uang Komite sebesar Rp 400 ribu di tambah potongan sebesar Rp 100 ribu dengan dalih penganti Uang materai dan uang pengurusan surat surat untuk pencairan Dana PIP sehingga siswa hanya menerima dana PIP sisa dari pemotongan uang Komite dan pemotongan yang tidak jelas peruntukan nya hanya sebesar Rp 500 ribu dari jumlah Rp 1juta rupiah. 


Sungguh keterlaluan tindakan para oknum guru tersebut  apakah pihak sekolah tidak “Kasian penerima PIP ternyata harus dipotong dengan alasan pelunasan iuran komite,”apakah pihak sekolah  yang salah kaprah dengan kebijakan pemerintah pusat.


Diketahui bantuan Dana PIP itu dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal SD sampai SMA/SMK dan jalur non formal paket A smpai paket C dan pendidikan khusus dan tujuan pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, bahkan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikan


Ironis nya saat pencairan dan melakukan Pemotongan dana PIP Wali murid tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu sehingga kepala sekolah SMAN 3 harus bertanggung jawab dan mengembalikan semua dana PIP kepada Siswa -isesuai jumlah yang harus diterima . 


Kepada kepala sekolah SMAN 3 lahat Kusmiati. Spd saat dikonfirmasi lewat wa namun belum ada balasan (putra)