FPK AKAN DORONG PERAN NYATA SUKU DAN ETNIS LAMPUNG TIMUR DALAM PEMBANGUNAN -->

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Translate

RESOLUSITV

RESOLUSITV
AKURAT DAN TERPECAYA

ENTRI YANG DI UNGGULKAN

SOPIYAN SUBING : JIKA LANGKAH BUPATI TEPAT ASET LAMPUNG TIMUR EKS BPR TRIPANCA SETIADANA BISA KEMBALI

Resolusitv | Lampung Timur 27 Januari 2023 Koalisi masyarakat dan NGO Lampung Timur melakukan audiensi (26/01/23) dengan Pemerintah Daerah L...

FPK AKAN DORONG PERAN NYATA SUKU DAN ETNIS LAMPUNG TIMUR DALAM PEMBANGUNAN

RESOLUSITV
Rabu, November 24, 2021





Resolusitv.com|Lampung Timur


Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Lampung Timur melakukan pengukuhan terhadap pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) masa bhakti 2021-2021.(24/11/2021)

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Lampung Timur H. Azwar Hadi, SE, M.Si dihadiri oleh Masrul Hafi mewakili Ketua DPRD Lampung Timur, Perwakilan Kodim 0429 / Lampung Timur, Kasat Intelkam Lampung Timur, para Kepala OPD dan Camat se Kabupaten Lampung Timur.



Dalam Sambutannya Wakil Bupati Lampung Timur mengatakan bahwa Forum Pembauran Kebangsaan anggotanya adalah refresentasi dari seluruh suku dan etnis yang ada di Kabupaten Lampung Timur memiliki posisi strategis dalam semua aspek pembangunan di Kabupaten Lampung Timur. "untuk itu atas nama pemerintah daerah saya berharap akan ada peran nyata daerah FPK dalam proses pembangunan di Kabupaten Lampung Timur".


Sementara itu Sopiyan Subing mengatakan akan berusaha mendorong agar FPK memiliki peran nyata dalam pembangunan, mencoba menjawab persoalan yang juga nyata dalam kontek bhenika tunggal ika atau pembauran kebangsaan.


Peran suku dan etnis itu sangat penting karena suku dan etnis inilah yang merupakan perintis atau cikal bakal adanya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


28 tahun sebelum proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, tepatnya pada tgl 28 Oktober 1928 di bumi yang sekarang bernama Indonesia telah lebih dahulu diproklamasikan tentang kesepakatan hidup bersatu yaitu Sumpah Pemuda.


Nah sekarang Indoensia sudah merdeka mestinya suku dan etnis terus memainkan peran pentingnya terutama dalam melestarikan Suku, etnis serta budayanya karena sudah disepakati bahwa budaya adalah jati diri bangsa.


Dikesempatan yang sama Bahrun Usman gelar Rajo Indro selaku anggota FPK mengatakan bahwa Adat Budaya harusnya menjadi rujukan dalam merumuskan program-program pembangunan karena itu memang dilakukan oleh para perintas Bangsa Indonesia di dalam menyusun konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita ambil contoh jauh sebelum negara Indonesia merdeka dan menjadikan Burung Garuda sebagai Lambang Negara di Bumi Lampung ini seluruh adat Lampung yang sudah terlebih dahulu menggunakan burung garuda sebagai sarana adat". Papar Bahrun kepada resolusi tv. (Tim)