Rangkap Jabatan,Kades Margototo Abaikan Tupoksinya Dan Langgar UU Desa Pasal 29 -->

Translate

RESOLUSITV

RESOLUSITV
AKURAT DAN TERPECAYA
RESOLUSITV

UNGKAP FAKTA

ENTRI YANG DI UNGGULKAN

Kecewa,Anggap Bupati Tak Becus,LSM MAJAS dan FORMAT ASTIM Gelar Aksi Damai di Depan Kantor Bupati

 Lampung Timur | Resolusitv.com Dalam aksi damai para Demonstran menyampaikan aspirasinya dimana patut diduga Bupati Lampung Timur M.Dawam R...

Rangkap Jabatan,Kades Margototo Abaikan Tupoksinya Dan Langgar UU Desa Pasal 29

RESOLUSITV
Kamis, Juni 17, 2021




Metro Kibang ,Kabupaten Lampung Timur-Resolusitv.com



Terkesan tidak laksanakan tupoksinya dengan profesional,Suhendar Kepala Desa Margototo kecamatan Metro kibang kabupaten Lampung Timur,tidak bisa menjawab konfirmasi Awak Media Resolusitv.com,Minggu (13/06/2021) di Kantor SBMI Provinsi Lampung terkait penggunaan Dana Desa tahun 2020.

Namun anehnya Suhendar malah dengan pasihnya bisa menjelaskan segala sesuatu terkait tupoksi dan misi,visi Serikat Buruh Migran Indonesia(SBMI).

Diketahui,selama ini Suhendar telah merangkap jabatan,selain sebagai Kepala Desa dirinya juga Ketua DPD SBMI provisi Lampung,yang merupakan Organisasi yang bergerak dibidang Advokasi Buruh Migran,terkait masalah Hak azasi dan perlindungan Hukum Para Buruh Migran Indonesia yang berada di Luar Negeri.

Suhendar mengatakan rangkap jabatan yang dilakukannya bukan sesuatu pelanggaran, menurutnya selaku Kepala Desa dirinya harus membantu warganya yang menjadi Buruh Migran.

Yang mirisnya, Suhendar mengatakan rangkap Jabatan tersebut sudah setahu atasannya baik Kasi PMD dan Camat Metro Kibang.

Tim media mencoba bertanya terkait pengelolaan Dana Desa yang harus menjadi tugas pokoknya,seperti pengerjaan bangunan desa,Insentif Guru Paud,kader kesehatan dan posyandu,serta pemberian makanan tambahan berikut pemberdayaan dan pembangunan Desa,dirinya malah "mengaku tidak paham dan tidak tahu".

Tanpa rasa malu Suhendar pun menyuruh awak media untuk bertanya kepada Sekdes atau TPK untuk menjawab terkait tugasnya,

,Ini terkesan bahwa kesibukan Suhendar di Organisasi SBSI membuat dirinya tidak menjalankan tugas pokok dan fungsinya selaku Kepala Desa hingga membuat dirinya kebingungan saat di konfirmasi terkait pengelolaan pemerintahan Desa.

Ketua DPD LSM Lantai Lampung Timur Sunarso didampingi Sekertarisnya Imam Syahroni saat diminta tanggapan terkait tugas sebagai kepala desa yang masih aktif," Kepala desa harus konsentrasi atas tugas yang di embannya. Kepala desa di pilih dan di percaya oleh masyarakat setempat adalah bukti bahwa pemilihan atas kades adalah hasil suara rakyat yang di nyatakan sah menurut aturan dan hukum. Sehingga kades harus menjalankan tugasnya untuk pelayanan masyarakat". ungkapnya.

"Kepala desa terpilih harus mentaati peraturan sebagai kades dan berhak menerima hak – haknya sebagaimana yang telah tertera dalam aturan undang – undang desa. Sehingga apa yang telah di dambakan masyarakat, Bahwa kades sebagai pelayan masyarakat bisa melayani secara maksimal".sambung Imam Syahroni.

Dalam undang-undang desa,Kades di larang untuk merangkap jabatan. Apalagi jabatan tersebut yang berhubungan dengan hukum seperti pengacara. "Kenapa demikian? karena dengan seorang kades dalam melakukan beracara tentunya akan menyita waktu akan tugasnya sebagai pelayan masyarakat (kades)".jelas Imam.


Terkait hal rangkap jabatan telah tertera dalam undang – undang desa pasal 29 huruf i. isi bunyinya” kepala Desa di larang merangkap jabatan lain”.


Demi kepentingan masyarakat, sudah selayaknya dinas terkait mengambil tindakan terhadap masalah tersebut .
(JONI)