Kisah Sharon, Penakluk KSN Matematika di Labuhanbatu -->

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Translate

RESOLUSITV

RESOLUSITV
AKURAT DAN TERPECAYA

ENTRI YANG DI UNGGULKAN

SOPIYAN SUBING : JIKA LANGKAH BUPATI TEPAT ASET LAMPUNG TIMUR EKS BPR TRIPANCA SETIADANA BISA KEMBALI

Resolusitv | Lampung Timur 27 Januari 2023 Koalisi masyarakat dan NGO Lampung Timur melakukan audiensi (26/01/23) dengan Pemerintah Daerah L...

Kisah Sharon, Penakluk KSN Matematika di Labuhanbatu

RESOLUSITV
Senin, Juni 28, 2021




Labuhanbatu-Resolusitv.com


Gadis cilik ini membuat bangga Kecamatan Bilah Hulu karena berhasil menyabet juara satu Kompetensi Sains Nasional (KSN) Bidang Studi Matematika tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Labuhanbatu, pekan lalu. 



Sharon Simanihuruk, begitu ia disapa, murid SDN 05 Bilah Hulu, ini bersyukur bisa menjadi yang terbaik saat berkompetisi dengan ratusan peserta matematika lainnya dari 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Labuhanbatu.


Atas prestasinya, Sharon bakal mewakili Labuhanbatu ke Olimpiade Sains dengan studi serupa di tingkat Provinsi Sumatera Utara dalam waktu dekat. Anak dari pasangan Limson Adian Simanihuruk dan Roma Br Sinaga, ini sejak bangku Taman Kanak-kanak (TK) hingga kini kelas V SD memang menjadi langganan juara satu di kelas. 





Gemar berhitung sedari dini, ditambah bimbingan ibunya yang juga seorang tenaga pendidik menjadikan Sharon tidak terlalu kesulitan dalam melakukan adaptasi dalam setiap mata pelajaran.


Apalagi, meski ibunya seorang guru, Sharon selama ini menjalani homeschooling khusus Matematika dan Bahasa Inggris selama pandemi corona yang membatasi belajar tatap muka di sekolah. 




Selama berkompetisi KSN di SDN 11 Rantau Utara, Rantauprapat, Sharon mengaku tidak terlalu kesulitan dalam menjawab setiap soal Matematika yang diajukan kepadanya. "Soal yang diujikan lumayan berat. Tapi bersyukur bisa dijawab dengan baik dan cepat. Karena selama ini saya juga sudah belajar seperti itu dengan guru pembimbing," tutur Sharon, saat berbincang disela belajar di rumahnya, Senin (28/06/2021). 


Kendati dirinya telah menyabet juara satu tingkat Kabupaten Labuhanbatu, Sharon menegaskan harus terus lebih giat belajar dalam menghadapi Olimpiade serupa di Provinsi Sumatera Utara mendatang.


"Targetnya bisa meraih prestasi kembali di Provinsi Sumatera Utara, sehingga impian bisa lanjut tingkat nasional. Belajar terus lah, di sekolah, kan juga belajar dengan guru salah satu bimbingan belajar yang tidak jauh dari tempat tinggal yang ditunjuk orangtua sore harinya. Kalau di rumah belajar sama ibu," bebernya penuh semangat. 


Sharon mengaku memang suka dengan pelajaran bahasa Inggris, sains dan matematika. "Suka saja sejak dulu. Mungkin karena tantangannya, ada kepuasan tersendiri bila berhasil mengerjakan soal," ucapnya. 


Senada dengan ibu Sharon, Roma Br Sinaga yang juga guru dimana Sharon sekolah. "Sharon memang gemar Matematika. Potensi inilah yang terus saya kembangkan untuk Sharon, sebab saya guru juga ibunya. Dia memang cukup kuat di bidang mata pelajaran matematika sehingga saya dan ayahnya memberikan pembinaan khusus," ucap Roma Br Sinaga.


"Selamat ya Sharon. Selamat ya boru (anak perempuan suku batak, red), sudah berhasil membawa nama SDN 05 Bilah Hulu ke Kabupaten Labuhanbatu. Semoga prestasi ini berlanjut ke Provinsi Sumatera Utara, ya boru," tulis ibu Sharon pada lini Facebook-nya begitu gadis kecil ini menerima piala KSN Matematika, Jumat 25 Juni 2021 pekan lalu. 


"Tidak hanya orang tua. Kami sebagai guru turut bangga atas prestasi siswa kami dan akan terus berinovasi, membina dan menggodok pengetahuan dan keterampilan siswa siswi kami agar mampu bersaing tidak hanya dalam kompetisi tapi dalam kehidupan sehari-hari. Karena perjuangan paling nyata adalah ketika siswa kami mampu mandiri dan belajar dengan baik dalam kehidupan sehari-hari," pesan Roma Br Sinaga kembali di akun resmi media sosial-nya.


"Selamat kepada Sharon, semoga kami menemukan yang lebih baik dari Sharon untuk tahun mendatang, siapakah dia?

Bisa jadi dia adalah putra putri anda. Maka dari itu, mari bapak ibu, kita bergabung di SDN 05 Bilah Hulu untuk membentuk karakter terdidik anak-anak kita," wali kelas III SDN 05 Bilah Hulu ini. 

(Najib Gunawan/KR)