Perawat Honor Diduga Buka Praktek Ilegal Sepuluh Tahun Tak Tersentuh Hukum -->

Translate

RESOLUSITV

RESOLUSITV
AKURAT DAN TERPECAYA
RESOLUSITV

UNGKAP FAKTA

ENTRI YANG DI UNGGULKAN

Polri Sarang Mafia, AIPDA Aksan Bongkar Kebobrokan Institusinya

Jakarta - Resolusitv.com Dalam dua hari ini publik dikejutkan lagi dengan video viral yang berisi pernyataan seorang anggota Polri berpangka...

Perawat Honor Diduga Buka Praktek Ilegal Sepuluh Tahun Tak Tersentuh Hukum

RESOLUSITV
Jumat, Mei 07, 2021







Resolusitv.com-Lampung


Diduga,Cahyo selaku perawat honor di dinas kesehatan Kabupaten Lampung Tengah, di sinyalir telah membuka praktek tanpa adanya ijin apapun didesa Beraja sakti, Kecamatan Jepara,Kamis(6/5/2021).

Dimana praktek di buka tanpa ada plang,ijin,surat tanda registrasi dan izin pengobatan,namun puluhan masyarakat tampak yang telah berobat disana 

Diduga juga obat obatan di suplai oleh oknum dinkes yang bermain,
Ditambah Cahyo berani menyuntik pasien,dan berani mengeluarkan obat atau memberikan obat tanpa diketahui dokter ahli.
Kurang lebih sudah 10 tahun membuka praktek,cahyo telah ambil untung namun tidak pernah melakukan pembuatan ijin.

Praktek ini telah mengangkangi Undang-undang RI Nomor 29 Tahun 2004 Tentang Praktek Kedokteran pasal 78 yang berbunyi ; Setiap yang dengan sengaja menggunakan alat,metode atau cara lain dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menimbulkan kesan seolah-olah yang bersangkutan adalah dokter atau dokter  yang telah memiliki surat tanda registrasi dokter atau surat tanda registrasi dokter atau surat izin praktik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 73 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp150.000.000,

Entah apa sebabnya Undang-undang tersebut di atas sama sekali tidak membuat ciut dan gentar para oknum Perawat/Mantri di Lampung yang membuka praktek ala dokter dirumahnya

 Bahkan perawat honor tersebut sengaja menjadwalkan jam buka untuk para pasien dan dengan sengaja mengangkangi aturan dan undang-undang yang ada. 

Sebagai seorang perawat honor meski telah mengenyam jalur pendidikan resmi tidak serta-merta bisa membuka praktik pelayanan kesehatan begitu saja.

Apalagi pelayanan kesehatan umum kepada masyarakat tersebut dibuka di rumah tanpa izin dan tidak memiliki papan nama serta kelengkapan lainnya sesuai dengan aturan yang ada.

Perawat yang akan membuka praktek seharusnya mengacu kepada pasal 6 Permenkes RI Nomor HK.02.02/MENKES/148/I/2010 Tentang izin Penyelenggara Praktek Perawat dan Undang-undang Nomor 38 tahun 2014 tentang Keperawatan pasal 19, 20, 21 dan pasal 33 serta Perda Tuba Barat Nomor 12 tahun 2012 tenteng Praktik Perawat pasal 6 dan pasal 14.

Dari hasil penelusuran dan investigasi resolusitv.com dan beberapa awak media lain menyambangi rumah praktek pengobatan di Desa Beraja sakti Kecamatan Jepara Kabupaten Lampung Tengah, praktek tidak memiliki papan nama dan tidak memiliki ijin klinik sesuai dengan Permenkes Nomor 9 tahun 2014 tentang Klinik. Rumah praktik tersebut adalah milik yang sering disapa cahyo yang bertugas di Dinkes Lampung Tengah.

Pada saat Tim Investigasi media berkunjung ke rumah prakteknya,cahyo sedang melayani dan memberikan suntikan dihadapan wartawan. Cahyo tanpa ragu memberikan suntikan kepada beberapa pasiennya.

Pengobatan yang diduga belum memiliki izin praktek dan izin klinik Kalau secara bisnis/usaha bisa dinyatakan bisnis Pribadi,Ini perawat honor yang melakukan praktek selama 10tahun dirumahnya namun dinkes Lampung timur tidak pernah melakukan pengawasan.
(Red)